Kamis, 21 Januari 2010

Tu9as 01 Rekayasa Web


REKAYASA WEB


Rekayasa web adalah proses yang digunakan untuk menciptakan aplikasi web yang berkualitas tinggi. Rekayasa web mengadaptasi rekayasa perangkat lunak dalam hal konsep dasar yang menekankan pada aktifitas teknis dan manajemen. Namun demikian adaptasi tidak secara utuh, tapi dengan perubahan dan penyesuaian.
Rekayasa web gabungan antara web publishing ( suatu konsep yang berasal dari printed publishing ) dan aktifitas rekayasa perangkat lunak. Dikatakan demikian karena desain sebuah aplikasi web menekankan pada desain grafis, desain informasi, teori hypertext, desain sistem dan pemrograman

BLOG

Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan ( yang dimuat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik ( isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama ), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

FRONT END DAN BACK END

Front End adalah tampilan website kita yang nantinya akan dilihat oleh para user sedangkan Back End adalah tempat “dapur” kita dalam mengolah ( edit, link, insert,update, dsb ) untuk disajikan di Front End. Hebatnya CMS JOOMLA kita dengan gampang dapat membuat web yang interaktif dengan merubah yang sudah ada di JOOMLA. Sedikit trik dan modal design dengan photoshop maka kita dapat membangun web yang interaktif dari sisi visual dan programming.

INTERNET

Secara harfiah, internet ( kependekan dari interconnected-networking ) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet ( huruf 'I' besar ) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket ( packet switching communication protocol ). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.

WEB

Sebuah situs web ( sering pula disingkat menjadi situs saja; web site, site ) adalah sebutan bagi sekelompok halaman web (web page), yang umumnya merupakan bagian dari suatu nama domain (domain name) atau subdomain di World Wide Web (WWW) di Internet. WWW terdiri dari seluruh situs web yang tersedia kepada publik. Halaman-halaman sebuah situs web diakses dari sebuah URL yang menjadi "akar" ( root ), yang disebut homepage ( halaman induk; sering diterjemahkan menjadi "beranda", "halaman muka" ), dan biasanya disimpan dalam server yang sama. Tidak semua situs web dapat diakses dengan gratis. Beberapa situs web memerlukan pembayaran agar dapat menjadi pelanggan, misalnya situs-situs yang menampilkan pornografi, situs-situs berita, layanan surat elektronik ( e-mail ), dan lain-lain.

HTML

HyperText Markup Language ( HTML ) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML ( Standard Generalized Markup Language ), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium ( W3C ).

Versi terakhir dari HTML adalah HTML 4.01, meskipun saat ini telah berkembang XHTML yang merupakan pengembangan dari HTML.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar